OOP (Object Oriented Programing)
PENGERTIAN OOP
OOP (Object Oriented Programming)adalah paradigma pemrograman yang berfokus pada konsep objek.Dalam bahasa C++,OOP memungkinkan anda untuk membuat program dengan mendefinisikan kelas dan object.Objek adalah representasi konkret dari suatu entitas dalam kehidupan nyata yang memiliki atribut (data) dan perilaku (fungsi/metode).
Beberapa konsep utama dalam OOP C++ meliputi:
1.Kelas/Class : Kelas adalah blueprint atau cetak biru untuk menciptakan objek.Didalam kelas,anda mendefinisikan atribut dan metode yang akan dimiliki oleh objek yang dibuat dari kelas tersebut.
2.Objek/Object : Objek adalah instance dari sebuah kelas.Anda dapat membuat banyak objek dari satu kelas
3.Enkapsulasi/Encapsulation : konsep untuk menyembunyikan detail implementasi dari objek dan hanya mengekspos fungsi-fungsi yang relevan.Ini dilakukan dengan menggunakan akses spesifier seperti public ,private dan protected.
4.Pewarisan/Inheritance : memungkinkan anda untuk membuat kelas baru (kelas turunan)berdasarkan kelas yang sudah ada(kelas induk).Kelas turunan akan mewarisi atribut dan metode dari kelas induk.
5.Polimorfisme/Polymorphism : Kemampuan untuk menggunakan satu antar muka untuk banyak tipe data atau objek.Dalam c++,polimorfime sering dicapai melalui fungsi virtual dan fungsi yang dioverride.
Contoh Program OOP :
Source Code
//Judul : Program OOP
//oleh akfi
#include <iostream>
#include <string>
class Orang {
private:
std::string nama;
int usia;
public:
// Konstruktor
Orang(std::string namaOrang, int usiaOrang) {
nama = namaOrang;
usia = usiaOrang;
}
// Metode untuk mengatur nama
void setNama(std::string namaOrang) {
nama = namaOrang;
}
// Metode untuk mengatur usia
void setUsia(int usiaOrang) {
usia = usiaOrang;
}
// Metode untuk mendapatkan nama
std::string getNama() {
return nama;
}
// Metode untuk mendapatkan usia
int getUsia() {
return usia;
}
};
int main() {
// Membuat objek Orang
Orang orang1("Akfi", 30);
// Menggunakan metode untuk mendapatkan informasi
std::cout << "Nama: " << orang1.getNama() << std::endl;
std::cout << "Usia: " << orang1.getUsia() << " tahun" << std::endl;
// Menggunakan metode untuk mengatur informasi
orang1.setNama("shafirra");
orang1.setUsia(25);
// Menggunakan metode untuk mendapatkan informasi setelah diubah
std::cout << "Nama: " << orang1.getNama() << std::endl;
std::cout << "Usia: " << orang1.getUsia() << " tahun" << std::endl;
return 0;
}
Hasil Running Program
Komentar
Posting Komentar