OOP (Object Oriented Programing)

PENGERTIAN OOP

    OOP (Object Oriented Programming)adalah paradigma pemrograman yang berfokus pada konsep objek.Dalam bahasa C++,OOP memungkinkan anda untuk membuat program dengan mendefinisikan kelas dan object.Objek adalah representasi konkret dari suatu entitas dalam kehidupan nyata yang memiliki atribut (data) dan perilaku (fungsi/metode).

Beberapa konsep utama dalam OOP C++ meliputi:

1.Kelas/Class : Kelas adalah blueprint atau cetak biru untuk menciptakan objek.Didalam kelas,anda mendefinisikan atribut dan metode yang akan dimiliki oleh objek yang dibuat dari kelas tersebut.
2.Objek/Object : Objek adalah instance dari sebuah kelas.Anda dapat membuat banyak objek dari satu kelas
3.Enkapsulasi/Encapsulation : konsep untuk menyembunyikan detail implementasi dari objek dan hanya mengekspos fungsi-fungsi yang relevan.Ini dilakukan dengan menggunakan akses spesifier seperti public ,private dan protected.
4.Pewarisan/Inheritance : memungkinkan anda untuk membuat kelas baru (kelas turunan)berdasarkan kelas yang sudah ada(kelas induk).Kelas turunan akan mewarisi atribut dan metode dari kelas induk.
5.Polimorfisme/Polymorphism : Kemampuan untuk menggunakan satu antar muka untuk banyak tipe data atau objek.Dalam c++,polimorfime sering dicapai melalui fungsi virtual dan fungsi yang dioverride.

Contoh Program OOP :

Source Code
//Judul : Program OOP
//oleh akfi
#include <iostream>
#include <string>

class Orang {
private:
    std::string nama;
    int usia;

public:
    // Konstruktor
    Orang(std::string namaOrang, int usiaOrang) {
        nama = namaOrang;
        usia = usiaOrang;
    }

    // Metode untuk mengatur nama
    void setNama(std::string namaOrang) {
        nama = namaOrang;
    }

    // Metode untuk mengatur usia
    void setUsia(int usiaOrang) {
        usia = usiaOrang;
    }

    // Metode untuk mendapatkan nama
    std::string getNama() {
        return nama;
    }

    // Metode untuk mendapatkan usia
    int getUsia() {
        return usia;
    }
};

int main() {
    // Membuat objek Orang
    Orang orang1("Akfi", 30);

    // Menggunakan metode untuk mendapatkan informasi
    std::cout << "Nama: " << orang1.getNama() << std::endl;
    std::cout << "Usia: " << orang1.getUsia() << " tahun" << std::endl;

    // Menggunakan metode untuk mengatur informasi
    orang1.setNama("shafirra");
    orang1.setUsia(25);

    // Menggunakan metode untuk mendapatkan informasi setelah diubah
    std::cout << "Nama: " << orang1.getNama() << std::endl;
    std::cout << "Usia: " << orang1.getUsia() << " tahun" << std::endl;

    return 0;
}

Hasil Running Program






Komentar

Postingan populer dari blog ini